Minggu, 25 Maret 2018

10 Cara Mengakses Website yang Diblokir







Pembatasan dan larangan untuk mengakses sebuah website memang kadangkala menggangu. Terlebih lagi bila website yang diblokir tidak seharusnya diblokir. Ada berbagai macam cara untuk mengakses sistus yang diblokir, seperti menggunakan VPN ( Virtual Proxy Network), DNS Hack, proxy website, dan lain-lain. Untungnya sebagian besar situs yang sudah diblokir adalah memang situs yang layak diblokir dan harus kita dukung upaya tersebut. Tidak perlu kita menyengaja membukanya kecuali sangat dibutuhkan untuk hal yang urgen seperti pendidikan, penelitian dan sebagainya yang positif.
Disclaimer: Kami hanya menyajikan konten sebagai bahan pembelajaran dan wawasan. Penyalahgunaan informasi di luar tanggung jawab kami.

Menjadi Anonymous!: Menggunakan proxy website
Dalam lingkungan professional, para pengusaha membuat batasan agar kita tidak bisa mengakses bebrapa situs tertentu. Maka dari itu, adanya Proxy website membuat kita terselamatkan dari situasi seperti itu dan dapat mengakses situs yang terblokir.
Di dalam website, ada ratusan proxy website yang membuat kita dapat berselancar “tanpa batas”. Proxy website menjadi moderator antara pengguna dan server sebuah situs. Proxy website mengklamufase situs yang diblokir dari ISP (Internet service provider) sehingga memungkinkan kita untuk mengakses situs yang diblokir. Kita dapat mencari proxy website sebuah situs dengan melakukan pencarian di Google.
Contohnya dalam sebuah perusahaan, situs facebook diblokir sehingga para karyawan tidak bisa menngaksesnya, maka lakukan pencarian di google “Facebook Proxy Server”. Atau kita juga bisa pergi ke:
Menggunakan VPN (Virtual Proxy Network)
VPN memungkinkan kita untuk menghubungkan perangkat kita ke sambungan yang aman menggunakan jaringan internet. Sehingga memungkinkan kita untuk mengakses situs yang terblokir dari jaringan rumah kita, karena VPN menempatkan alamat IP kita di negara yang jauh. Kita juga dapat men-download aplikasi atau membuka situs yang diblokir di negara kita.
VPN beraksi sebagai terowongan untuk mengkonversi data kita menjadi data sampah yang sulit bagi siapapun untuk mengenalinya. Jika kita ingin meningkatkan keamanan sebuah komputer, kita dapat mengkombinasikan TOR (The Onion Router) dan VPN (Virtual Proxy Network).
Menggunakan IP daripada URL
Terkadang website yang diblokir disimpan dalam daftar URL (Unifrom Resource Locator). Dalam beberapa kasus, website dapat dipanggil menggunakan alamat IP. Untuk mendapatkan alamat IP dari sebuah website, kita dapat melakukan ping melalui Command Prompt. Menggunakan alamat IP adalah cara sederhana untuk mengakses situs yang diblokir, namun jika sebuah situs juga menyembunyikan alamat IP nya maka cara ini pun tidak akan berhasil.
Cara untuk mendapatkan alamt IP sebuah situs sangat mudah, silahkan buka Command Prompt dan ketikan “ ping www.namawebsite.com” maka akan keluar alamat IP situs tersebut. Lalu ketikan alamat IP tersebut di browser anda dan tekan enter.
Merubah Jaringan Proxy di Browser
Sebuah lembaga atau perguruan tinggi mungkin memiliki lebih dari satu proxy jaringan. Jadi, sebuah lembaga atau perguruan tinggi dibatasi oleh satu proxy jaringan, namun bisa diakses melalui jaringan yang lain. Sehingga kita dapat menambahkan sebuah proxy untuk mengakses situs yang diblokir.
Menonaktifkan jaringan proxy sebuah web bukanlah hal yang sulit. Kita hanya perlu menemukan pilihan koneksi / jaringan dalam pengaturan web browser yang kita gunakan. Kita dapat meimilih opsi tanpa proxy atau menggunakan opsi agar menyediakan browsing yang terbatas.
Menggunakan Google Translate
Dengan menggunakan Google Translate membuat kita dapat memotong pembatas sebuah situs dan mengubah situs yang diblokir ke dalam bahasa lain. Cara ini adalah cara yang paling sederhana untuk megakses situs yang diblokir. Anda juga dapat menggunakan layanan terjemahan Bing Microsoft untuk membuka situs yang diblokir.
Bypass melalui Extensions
Jika situs yang diblokir adalah situs yang dinamis seperti Facebook atau Youtube, maka kita bisa mencoba dengan menggunakan cara ini. Hola dan ProxMate adalah beberapa extensions yang dapat kita gunakan untuk mengakses situs yang diblokir.
Membentuk kembali URL
Contohnya ketika situs web tertentu yang terhosting di VPN dan tidak menginstall SSL yang telah terverifikasi. Untuk website yang seperti ini, kita dapat mengetikan https://www.url.com sebagai pengganti www.url.com di url browser kita. Perubahan ini akan menampilkan pemberitahuan keamaan. Pilih opsi Proced Anyway dan kunjungi website.
Mengganti DNS Server
Metode ini umumnya menggunakan Google DNS atau OpenDNS untuk mengakses internet.
Go to Internet Archive – Wayvback Machine
Wayback Machine adalah layanan menarik yang menyimpan hamper semua salinan situs di internet yang menyimpan beberapa versi dari sebuah situs web dan kita dapat mengakses versi terakhir dari sbuah situs web. Para pengguna juga dapat menggunakanya untuk menelusuri konten yang diblokir online
Menggunakan RSS Fee





RSS readers berguna untuk mendapatkan website yang segar dan mudah untuk dibaca. Kita bisa ambil RSS feed dari website yang diblokir dan menambahkannya ke readers kita. Hanya saja dalam beberapa kasus ada website yang tidak memilki RSS feeds. Ada beberapa yang menggunakan layanan online untuk membuat RSS feed.
Itulah beberapa metode yang bisa digunakan untuk membuka Website favorit kita yang terkena blokir.

0 komentar:

Posting Komentar