Senin, 19 Maret 2018

Google Resmi Mengakuisisi Sebagian Tim Pengembangan Smartphone HTC


Ikhtisar

Meski sebagian tim HTC telah diakuisisi Google, mereka masih berencana membuat smartphone dan VR mereka sendiri.Tim yang mereka akuisisi, telah terlibat dalam proses pengembangan Google Pixel.

Google secara resmi menyatakan bahwa kesepakatannya untuk mengakuisisi sebagian tim pengembang hardware HTC telah rampung. Pengumuman ini disampaikan oleh Senior Vice President Hardware Google  Rick Osterloh dalam blog resmi Google.

“Saya senang bahwa Google telah merampungkan kesepakatan dengan HTC, dan siap menyambut sekelompok anggota tim yang sangat berbakat untuk menciptakan produk-produk yang lebih baik dan inovatif di masa depan,” tulis Osterloh dalam pernyataan resminya.

Kesepakatan akuisisi ini sebenarnya telah diumumkan oleh kedua belah pihak sejak September 2017 lalu. Namun, karena satu dan lain hal, kesepakatan tersebut baru dapat dirampungkan pada awal tahun 2018.

Tim dari HTC yang masuk dalam perampungan akuisisi ini telah terlibat dengan Google dalam pengembangan seri smartphone Pixel. Menurut Osterloh, tim tersebut juga terdiri dari orang-orang yang mengembangkan ponsel 3G pertama di dunia pada tahun 2005, mendesain smartphone dengan input berbasis sentuhan pada tahun 2007 sebelum produsen lainnya, hingga merancang ponsel berbahan all-metal unibody pada tahun 2013.

Google juga mendapatkan lisensi non-eksklusif terhadap sejumlah hak kekayaan intelektual milik produsen teknologi asal Taiwan tersebut.


Selain menyambut sebagian tim HTC, Google juga mendapatkan lisensi non-eksklusif terhadap sejumlah hak kekayaan intelektual milik produsen teknologi asal Taiwan tersebut. Lisensi tersebut membuat Google bisa memanfaatkan sejumlah teknologi yang telah dipatenkan oleh HTC ke dalam produk mereka.

Meski sebagian dari tim pengembang HTC telah diakuisisi Google, HTC menyatakan tetap akan memproduksi lini smartphone miliknya sendiri. Mereka juga akan terus mengembangkan perangkat VR yang saat ini hadir dengan nama HTC Vive.

Ambisi Google di bidang hardware

Google mendirikan divisi hardware pada tahun 2016 lalu untuk menyatukan berbagai inisiatif terkait perangkat keras yang ada dalam perusahaan mesin pencari internet terpopuler di dunia tersebut. Rick Osterloh, mantan President of Motorola, didaulat untuk mengepalai divisi tersebut hingga sekarang.

Selain memproduksi lini smartphone Pixel, divisi hardware Google juga telah memproduksi sejumlah perangkat keras lain. Beberapa hardware yang telah mereka luncurkan antara lain seperti laptop Chromebook, smart speaker Google Home, hingga adaptor untuk televisi Chromecast.

Investasi di kawasan Asia Pasifik

Osterloh menyatakan bahwa kesepakatan antara Google dan HTC ini merupakan bagian dari pengembangan sayap perusahaan tersebut di kawasan Asia Pasifik. Berkat akuisisi ini, Taipei menjadi pusat pengembangan perangkat Google yang terbesar di wilayah Asia Pasifik.

0 komentar:

Posting Komentar