Minggu, 18 Maret 2018

Yang Baru di Rilis GNOME 3.28 Chongqing



Bagi banyak orang GNOME adalah desktop environment (DE) pilihan untuk Linux atau BSD. DE ini memiliki komunitas yang besar, UI yang paling produktif dengan banyak native apps yang tersedia. Bahkan, Ubuntu yang sebelumnya mengembangkan desktop environment sendiri (Unity) pun sekarang memilih untuk menggunakan GNOME sebagai DE utamanya. Pada tanggal 14 Maret lalu, GNOME merilis versi 3.28 yang diberi nama 'Chongqing'. Nama ini dipilih karena Kota Chongqing yang berada di Tiongkok menjadi tempat pertemuan Gnome.Asia conference tahun 2017.

Ada beberapa hal baru di GNOME 3.28. Pertama dan yang paling kentara adalah font bawaan GNOME (yang bernama Cantarell) mendapat perbaruan yang signifikan. Bentuk dan spasi antar karakter telah berubah sehingga teks kini lebih mudah dibaca dan nyaman dimata. Selanjutnya tentu saja adalah wallpaper yang mendapatkan sepaket karya fotografi baru untuk menghiasa layar monitor kita.

Aplikasi Files kini memiliki fitur "star". Setiap file atau folder yang diberi bintang dapat diakses dari folder khusus bernama Starred. Dengan demikian, kita bisa memberikan tanda bintang untuk file-file dan folder yang dianggap penting sehingga pengaksesannya lebih cepat.

Tahukah pembaca bahwa GNOME memiliki aplikasi Virtual Machine sendiri layaknya VirtualBox? Boxes adalah aplikasi GNOME yang memiliki fungsi sama seperti VirtualBox. Dengan rilis 3.28, aplikasi Boxes dapat melakukan transfer file dari virtual machine ke komputer kita lewat drag and drop. Kita juga dapat mengunduh ISO secara langsung dari Boxes tanpa harus mengunduh file ISO tersebut lewat browser.

GNOME 3.28 tidak hanya membawa pembaruan untuk aplikasi yang sudah ada tapi juga membawa aplikasi baru. Usage adalah aplikasi yang baru diperkenalkan di versi 3.28 sebagai technology preview. Aplikasi ini di desain untuk mencari tahu masalah performa sistem dengan melihat diagram kerja prosesor dan memori untuk memberitahu aplikasi apa yang paling membebani sistem saat ini. Kita juga bisa menganalisis ruang hardisk untuk mencari tahu folder-folder mana yang bisa dibersihkan (seperti trash dan file temp) dan folder mana yang memakan ruang kosong paling banyak.

Demikianlah sekilas tentang GNOME 3.28. Jika pembaca tertarik untuk menggunakannya, mohon untuk bersabar karena kita masih harus menunggu distro-distro Linux menambahkan GNOME 3.28 ke repositori mereka dan hal tersebut mungkin baru bisa dilakukan bulan depan (distro bleeding edge seperti Arch Linux bisa jadi mendapatkannya lebih cepat). Untuk informasi fitur-fitur lain yang lebih lengkap silahkan lihat Release Notes-nya di situs resmi GNOME.

0 komentar:

Posting Komentar