Sabtu, 24 Maret 2018

Kumpulan Ikon Terbaik Untuk Desain Web


Ikon merupakan salah satu komponen yang dapat meningkatkan keindahan desain web menjadi lebih menarik. Dengan pemilihan ikon yang sesuai kita bisa memberitahu secara pasti apa yang dilakukan oleh si aplikasi. Misalnya, dengan menambahkan ikon pensil kita bisa mengisyaratkan bahwa komponen tersebut bisa mengubah suatu data, ikon disket mengindikasikan bahwa komponen tersebut dapat menyimpan suatu data, ikon roda gigi (gear) menunjukkan bahwa suatu komponen dapat mengatur aplikasi, dll.
Artikel kali ini akan melihat kumpulan-kumpulan ikon yang paling populer digunakan untuk desain web.
Font Awesome
Pembaca pasti sudah sangat mengenal kumpulan font paling populer di dunia ini (lebih dari 50.000 star di Github). Selain memang dokumentasinya yang sangat apik, Font Awesome memiliki variasi ikon banyak dan lengkap, dukungan untuk berbagai jenis browser, dan aksesibilitas yan baik untuk pengguna dengan gangguan penglihatan.
Material Icon
Kumpulan ikon resmi untuk Material Design dari Google yang juga dipakai untuk Android. Dengan lebih dari 900 ikon, dapat dipastikan kita sudah memiliki salah satu yang kita butuhkan di dalamnya.
Feather Icons
Kumpulan ikon berjumlah 240 ikon ini merupakan salah satu yang paling populer. Semua ikonnya didesain dalam ukuran 24x24 dan memiliki style rounded corner yang sama sehingga memeberikan tampilan yang konsisten.
Linea
Linea menawarkan kumpulan ikon berjumlah cukup besar dengan desain yang tajam. Ikon-ikon yang dimilikinya dibagi menjadi beberapa kategori seperti Music, Software dan Ecommerce.
Octicons
Octicon merupakan kumpulan ikon dari Github. Kita bisa menemukan ikon-ikon yang berhubungan dengan pemrograman (yang terdapat di situs Github) seperti ikon database, operasi git, dll.
Glyph
Glyph merupakan kumpulan ikon pixel perfect dan didesain untuk web yang modern. Koleksi berjumlah lebih dari 800 ikon ini dibuat dengan ukuran awal 16x16, tapi karena dibuat dengan SVG kita bisa menggunakannya dalam ukuran berapapun.
Ionicons
Iklan




Kumpulan ikon di atas merupakan hasil kerja dari tim Ionic Framework. Kita bisa menemukan lebih dari 260 ikon cantik yang dibuat untuk mempermudah developer yang menggunakan Ionic Framework.
Icono





Icono merupakan kumpulan ikon yang dibuat murni dari CSS. Untuk menggunakan Icono kita cukup mengunduh file .css-nya lalu membuat elemen HTML dengan menambahkan atribut kelas sesuai dengan ikon yang diinginkan.

0 komentar:

Posting Komentar