Jumat, 16 Maret 2018

Gimana Sih Proses Rekrutmen Seorang Programmer Itu?


Pernah ngelamar ke suatu perusahaan tapi malah diterima oleh suatu agen yang bergerak dalam bidang HRD? si Alex melamar ke suatu perusahaan asing yang bergerak di bidang simulasi 3D. Saat melihat halaman lowongan kerjanya di JobStreet, dia tertarik untuk apply ke perusahaan tersebut. Namun ternyata, dia malah dihubungin oleh suatu agen penyaluran pekerjaan yang tidak tercantum di dalam perusahaan yang dimaksud.

Ternyata agen ini memang menjual jasa rekrutmen yang cukup panjang sehingga perusahaan tersebut tidak perlu menghabiskan waktu untuk wawancara karyawan sampai psiko test. Si Alex pun diundang ke daerah Universitas Katolik Parahyangan dan mengikuti seleksi perusahaan tersebut disana bersama beberapa kandidat lain. Sebelum mengikuti test si Alex pun berkenalan dengan beberapa kandidat lainnya walaupun pada akhirnya si Alex tidak ingat namanya sepulang dari seleksi.

Test diawali dengan beberapa paket psiko test seperti mencocokkan gambar, pertanyaan kepribadian, dan lainya. Kemudian tak lupa ada test Pauli yang bikin mata lelah dan pegal tangan karena harus melakukan penjumlahan yang cukup intens. Setelah psiko test berakhir, selanjutnya memasuki tahapan wawancara bersama para pewawancara. Sesi pertama dilalui dengan menceritakan skill apa yang dimiliki dan profil diri si Alex. Sesi kedua dilalui dengan nego seputar gaji dan kesediaan waktu untuk mulai bekerja setelah resign dari tempat sebelumnya.

Satu minggu berselang, si Alex pun dipanggil oleh perusahaan tersebut untuk datang ke kantornya yang berada di sekitar central business district di kota Bandung. Dia diundang masuk dan disana dia diuji kembali oleh manajemen dan teknikal perusahaan tersebut. Sesi pertama si Alex diuji dengan sejumlah pertanyaan teknis seputar Javascript. Pertanyaannya meliputi tentang optimasi kode Javascript, perkiraan output yang akan dihasilkan oleh potongan kode Javascript, dan tingkah laku Javascript dalam mengolah informasi. Sesi kedua si Alex ditanya seputar apa yang pernah dikerjakan, dan diminta untuk menceritakan profil dirinya. Kemudian si Alex pun ditanya seputar Javascript, Meteor.js, dan MongoDB. Dan tak terlewat juga ditanya mengenai skripsinya.

Pihak perusahaan pun cukup puas dengan jawaban yang diberikan oleh si Alex, dan juga hasil review yang diberikan oleh perusahaan rekrutmen yang bekerja sama dengannya. Setelah lewat beberapa hari, si Alex pun ditawari oleh manajemen untuk mulai bekerja, dan dia meminta one month notice kepada perusahaannya saat ini untuk bekerja di tempat barunya.

Sayangnya perusahaannya saat ini tidak bisa menahannya untuk pindah.

0 komentar:

Posting Komentar