Minggu, 04 Februari 2018

12 Istilah Teknologi dalam Bahasa Indonesia




1. Gawai

Gambar: The Verge

Gawai adalah istilah untuk gadget yang sudah diadaptasi ke dalam Bahasa Indonesia. Buat kebanyakan orang yang belum tau biasanya akan mengira kata ini memiliki arti kerja atau pekerjaan (baca: gawe).

2. Tagar

Gambar: Soldsie

Tagar alias tanda pagar adalah istilah Bahasa Indonesia yang diterjemahkan dari kata hashtag.

Hashtag Terkonyol?

Ini 10 Hashtag Terkonyol yang Di-banned di Instagram, Pernah Gunakan?

Baca

3. Swafoto

Tahukah kamu nama dari aktivitas yang sehari-hari kamu lakukan dengan smartphone ini? Ya. Swafoto adalah terjemahan dari istilah yang populer kita kenal dengan sebutan selfie.

4. Swakarya

Kamu tentu pernah mendengar istilah DIY alias Do It Yourself dalam video yang kamu lihat di Instagram atau YouTube. Istilah DIY kemudian diadaptasi ke Bahasa Indonesia menjadi swakarya.

5. Tautan

Sering kamu temui selama aktivitas browsing, tautan adalah istilah yang diterjemahkan dari istilah link.

6. Daring

Daring adalah istilah yang diterjemahkan dari kata online alias terhubung dengan koneksi internet.

7. Peramban

Peramban adalah software atau aplikasi penting yang kamu butuhkan untuk menjelajah dunia maya. Ya, istilah itu adalah terjemahan dari kata browser.

8. Unduh

Buat kamu yang suka download konten gratis di internet, kamu harus tahu kalau istilah itu jika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia adalah unduh.

9. Unggah

Sepaket dengan unduh, kata unggah adalah kebalikan dari kata unduh. Ya, kata ini berasal dari istilah upload.

10. Tetikus

Gambar: PC World

Kamu pasti sudah bisa membayangkan terjemahan dari kata tetikus, bukan? Tepat sekali! Kata ini dibuat untuk menggambarkan mouse yang merupakan salah satu bagian dari perangkat komputer.

11. Warganet

Dikenal dengan pemikiran kritis dan komentar yang 'jauh lebih kritis', warganet adalah kata yang diterjemahkan dari istilah netizen.

12. Surel

Surel alias surat elektronik adalah kata yang diterjemahkan dari istilah email yang sehari-hari kamu gunakan untuk mengirim dan menerima dokumen penting.

Akhir Kata

Itulah 12 istilah teknologi dalam Bahasa Indonesia yang belum tentu diketahui kids jaman now. Kebanyakan dari mereka mungkin hanya mengetahui istilah asingnya saja yang memang lebih populer digunakan sehari-hari. Kamu termasuk yang belum atau baru tahu?

0 komentar:

Posting Komentar